Teknik Latihan untuk Membesarkan Otot Lengan, Tanpa Harus ke Gym

ResepEnaks.me - Memiliki otot yang besar dan kuat pada lengan adalah salah satu impian dari banyak orang.

Memiliki sebuah otot lengan yang besar dan kuat akan mempermudah Anda melakukan suatu aktivitas yang sering anda dilakukan sehari-hari, bahkan aktivitas sederhana sekalipun, contoh aktivitas sederhana itu seperti meraih benda di rak yang tinggi, menenteng barang belanjaan, menggendong anak anda, atau bahkan mengangkut keranjang pakaian.

Tidak hanya memiliki otot lengan yang kuat, ternyata tubuh manusia melibatkan dua peran otot diantara nya otot bisep dan otot trisep. Bagaimana cara melatih dengan baik dan benar?


Apa saja gerakan yang dapat dilakukan untuk melatih otot bisep dan otot trisep?


Jenis latihan untuk otot bisep


Close-Grip Chin-Up

Gerakan close grip dan chin up ini dilakukan dengan melakukan pose atau gaya bergantungan dengan memegang besi horizontal.

Berikan jarak antara tangan kanan dan tangan kiri sekitar 15 cm. Lakukan gerakan seperti gambar dibawah dengan tangan tegak lurus. Posisi kepala lurus mengarah pandangan ke depan, kemudian tarik kedua tangan hingga mengangkat dagu hingga berada di atas besi horizontal tersebut. Setelah itu luruskan lagi seperti gerakan pertama.

Teknik Latihan untuk Membesarkan Otot Lengan, Tanpa Harus ke Gym
Sumber : hellosehat.com

Lakukan sebanyak 15 kali sampai 20 kali setiap hari dan lihat hasilnya dalam waktu seminggu.

Inverted Row

Gerakan berikut ini juga menggunakan besi horizontal untuk memperoleh otot pada lengan.

Adapun perbedaan dari gerakan pertama dengan gerakan yang satu ini, gerakan inverted row menggunakan sebuah handuk sebagai properti agar bisa melakukannya.

Caranya gantung 2 handuk kasar pada pegangan besi yang horizontal, kemudian tangan kanan dan kiri memagang erat handuk yang sudah digantungkan tadi dengan bergelantungan badan dan tangan lurus.

Setelah bandan dan tangan sudah siap kemudian tarik kedua handuk yang dipegang hingga tangan menekuk seperti pada gambar di bawah ini. Setelah itu tangan kembali luruskan ke posisi semula, lurus dengan bergantung pada handuk. Lakukan hingga lengan terasa letih

Teknik Latihan untuk Membesarkan Otot Lengan, Tanpa Harus ke Gym
Sumber : hellosehat.com

Dumbbell bisep curl

Sediakan dua buah dumbbell. Lakuakan dengan memegang dumbbell pada masing-masing tangan. Luruskan kedua tangan ke bawah sambil memegang dua buah dumbbell tersebut.

Selanjutnya tekuk kedua tangan dengan mengangkat dumbbell keatas. Posisikan tangan bagian atas jangan sampai berpindah, hanya gerakan lengan sampai dumbbell berada setara dengan bahu. Setelah itu turunkan kembali dan lakukan berulang hingga melampaui batas dari kekuatan lengan.

Teknik Latihan untuk Membesarkan Otot Lengan, Tanpa Harus ke Gym
Sumber : hellosehat.com

Dumbbell single-arm isometric curl

Pada gerakan atau teknik ini masih menggunakan dumbbell. Berbeda dengan teknik sebelum nya, pada teknik atau gerakan ini dilakukan secara bergantian untuk menekuk tangan sampai sejajar dengan bahu.

Tekuk tangan kiri hingga 90 derajat sejajar dengan pinggang. Dan tangan kanan diluruskan kebawah, lalu angkat tangan kanan hingga sejajar dengan bahu dengan posisi dangan kiri di tekuk 90 derajat. Lakukan secara bergantian antara tangan kanan dan kiri.

Teknik Latihan untuk Membesarkan Otot Lengan, Tanpa Harus ke Gym
Sumber : hellosehat.com
Ingat, tangan bagian atas jangan digerakkan, yang hanya digerakkan adalah tangan bagian bawah dan siku ditekuk untuk bisa melakukan gerakan nya

Hammer Curls with Dumbbell

Posisikan badan berdiri tegak dan buka kaki selebar babu. Pegang kedua dumbbell dengan telapak tangan menghadap ke arah paha. Posisi pada lengan di luruskan ke bawah.

Gerakan dumbbell ke arah atas sejajar dengan bahu. Siku jangan sampai bergerak maju, tetap berada di samping badan. Hanya saja ditekuk, tanpa berpindah posisi. Gerakan tangan kanan dan tangan kiri dapat dilakukan bersama-sama atau bergantian. Lihat pada gambar agar lebih mengerti.
Teknik Latihan untuk Membesarkan Otot Lengan, Tanpa Harus ke Gym
Sumber : hellosehat.com

Panduan saat memulai set latihan otot bisep


Sebelum memulai, pilih terlebih dahulu 3 gerakan campuran dari teknik-teknik di atas sesuai kemampuan Anda masing-masing.

Jika sudah merasa sanggup untuk melakukan nya dengan konsisten, lakukan pengulangan 8 sampai 12 kali untuk setiap gerakan setiap hari nya.

Lalu lakukan setidaknya dalam 2 bagian, atau sesuaikan dari kemampuan anda untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Ingat, jangan memaksakan tubuh Anda untuk berolahraga secara berlebihan hanya demi memiliki otot lengan yang indah, tetap lihat dari kekuatan masing-masing. Teknik Latihan untuk Membesarkan Otot Lengan, Tanpa Harus ke Gym

0 Response to "Teknik Latihan untuk Membesarkan Otot Lengan, Tanpa Harus ke Gym"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik bembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel