Thursday, July 18, 2019

Seru-seruan Jadi Tua di #AgeChallenge, Awas Ada Bahaya Mengintai di Aplikasi FaceApp

Chanpit.id - Aplikasi FaceApp jadi idola beberapa waktu belakangan ini. Aplikasi tersebut mampu mengubah foto menjadi beberapa tahun lebih tua, sehingga kita jadi punya gambaran kira-kira seperti apa ketika sudah tua nanti.

Seru-seruan Jadi Tua di #AgeChallenge, Awas Ada Bahaya Mengintai di Aplikasi FaceApp

Banyak selebriti yang berlomba-lomba menggunakan aplikasi ini dan mengunggah foto versi tua mereka memakai hashtag #AgeChallenge yang kemudian menjadi viral. Namun, siapa sangka ada bahaya mengintai di balik FaceApp ini. Privasi dan data rahasia pun dipertaruhkan. Berikut penjelasan lengkapnya:

Sebelumnya, FaceApp sempat viral di tahun 2017. Namun, di balik aplikasi yang terlihat menyenangkan ini, siapa sangka ada bahaya mengintai. Pasalnya, FaceApp ternyata bisa menyimpan, menyebarkan, bahkan menjual foto pengguna untuk tujuan komersil. Hal ini tertuang jelas dalam persayaratan yang harus disetujui sebelum memakai aplikasi ini, tapi sekilas terlihat seolah-olah melindungi konten milik pengguna.

Seru-seruan Jadi Tua di #AgeChallenge, Awas Ada Bahaya Mengintai di Aplikasi FaceApp
Contoh #AgeChallenge, Deva Setiawan
Masalah privasi juga menjadi sorotan. Seperti dilaporkan di The Verge, aplikasi ini mengambil metadata dari foto yang diunggah. Secara teori, FaceApp bisa memproses foto tersebut di perangkat sendiri, tapi pernyataan pendirinya menyebutkan foto yang diunggah akan disimpan di server perusahaan untuk menghemat bandwidth. Sederhanya, tanpa disadari kita sudah memberikan foto ke perusahaan tersebut. Meskipun mereka sudah menegaskan akan menghapus foto yang ada di server, tapi tidak ada jaminan soal hal tersebut.

Mengenai privasi dan foto milik pengguna ini, Setelah ramai diberitakan, FaceApp pun merilis pernyataan bahwa mereka menjamin keamanan foto pengguna. FaceApp memang menyimpan sejumlah foto yang diunggah pengguna, tapi langsung dihapus dalam waktu 48 jam

Lebih jauh lagi, FaceApp menjawab ketakutan pengguna akan jual beli data. FaceApp memastikan pihaknya tidak menjual dan membagikan data pengguna ke pihak ketiga. Selain itu, sebagai pengguna kita juga bisa meminta kepada FaceApp untuk menghapus foto dan data dari server mereka.

Permintaan tersebut dapat dikirim langsung lewat fitur Pengaturan di aplikasi, dan pilih fitur Laporkan bug dengan kata ‘privasi’ sebagai subjek.

Hai, Nama saya Deva Setiawan. Pemuda yang hanya ingin Membagikan sesuatu yang Bermanfaat 🥰

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
EmoticonEmoticon