Mengenal Apa Itu Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn dalam Startup

Chanpit.id - Kehidupan bermasyarakat dalam agama Hindu dikenal adanya kasta yang berbeda-beda diantaranya ada suatu golongan yang satu dengan lainnya. Dimulai dari tingkatan Sudra yang merupakan gambaran dari masyarakat petani.

Mengenal Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn dalam Startup  Baca selengkapnya di artikel "Mengenal Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn dalam Startup

Kemudian Wesias yang menjadi status sosial bagi kasta pedagang dan pegawai pemerintahan. Untuk anggota mereka yang merupakan keturunan bangsawan dan raja akan digolongkan sebagai yang namanya Satria. Sementara tingkatan yang tertinggi, adalah Brahmana hanya dimiliki oleh para pendeta.

Kasta atau pada umumnya bisa dibilang tingkatan sosial ternyata tidak hanya ada di kehidupan masyarakat. Pada dunia startup dikenal adanya level-level atau tingkatan yang membedakan antara perusahaan hasil rintisan yang masih dalam tahap pengembangan hingga yang telah mencapai kesuksesan besar.

Ada tiga tingkatan startup yang saat ini dikenal masyarakat awam. Kalau belum tahu, mari kita kenali lebih dalam kasta yang terdapat pada bisnis digital.

Unicorn
Unicorn adalah gelar yang diberikan pada suatu startup yang memiliki nilai valuasi (nilai dari suatu startup, bukan sekedar pendanaan yang diraih dari investor) lebih dari 1 miliar dolar AS. Unicorn, dalam pemberian gelarnya pada suatu startup, merepresentasikan status si kuda dongeng itu sendiri yang berarti "langka dan mustahil atau sulit dicapai"

Decacorn
Decacorn adalah status tingkat lanjut yang diberikan kepada startup dengan valuasi lebih dari 10 miliar dolar.

Perusahaan yang menyandang predikat decacorn ini didominasi oleh Amerika Serikat dan Cina, diantaranya Toutiao (Bytedance) dengan valuasi 75 miliar dolar, Uber (72 miliar dolar), Didi Chuxing (56 miliar dolar), WeWork (47 miliar dolar), Airbnb (29,3 miliar dolar), untuk asia tenggara Grab merupakan yang pertama menyandang predikat decacorn dengan nilai valuasi sekitar 11 miliar. Dan baru-baru ini GO-JEk menyandang setatus sebagai decacorn startup dari indonesia pertama asia tenggara.

Hectocorn
Mencapai tingkatan decacorn saja sudah susah. Tapi ternyata sudah ada startup yang mampu meraih tingkatan tersebut, yaitu Ant Financial pemilik pebisnis jenius, Jack Ma. Hectocorn ini adalah status setelah decacorn. Istilah ini disematkan untuk perusahaan rintisan dengan angka valuasi yang mencapai lebih dari 100 miliar dolar.

Karena bukan lagi diketahui sebagai decacorn, sangat dibutuhkan dukungan untuk dana dari investor sekelas hiu. Uniknya, ada beberapa nama dari Asia Tenggara yang ikut menjadi dalang dari tercapainya status hectocorn Ant Financial, seperti Temasek Holdings yang berasal dari Singapura dan Khazanah Nasional Bhd dari Malaysia, kebayang gak tuh berapa kekayangan yang mereka miliki.

Itulah tiga tingkatan yang terdapat dalam bisnis digital dan menjadi impian bagi setiap startup. Untuk kamu yang sedang merintis perusahaan, sudah siapkah bermimpi meraih batasan-batasan tersebut?

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel dari chanpit.id

0 Response to "Mengenal Apa Itu Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn dalam Startup"

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel