Saturday, July 20, 2019

Begini kronologi lengkap kasus berubahnya saldo rekening nasabah Bank Mandiri

Chanpit.Id - Sabtu pagi hari ini, banyak nasabah Bank Mandiri mengeluhkan masalah kasus berubahnya saldo pada rekening mereka. Ada nasabah yang mengaku saldonya berkurang, dan ada pula juga yang mengaku saldonya bertambah dengan sendirinya.

Begini kronologi lengkap kasus berubahnya saldo rekening nasabah Bank Mandiri
Nasabah Bank Mandiri, Sumber : m.kontan.co.id
Mengapa masalah tersebut bisa terjadi, dibawah ini kami akan menjelaskan bagaimana kronologi lengkap untuk kasus perubahan saldo nasabah Bank Mandiri. Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengungkapkan untuk kejadian ini terjadi akibat pemeliharaan sistem yang dilakukan beberapa waktu yang lalu karena tidak berjalan dengan sempurna.

Menurut Rohan, setiap akhir hari pada pukul 12 malam bank selalu memproses laporan keuangannya. Transaksi yang terjadi di hari sebelumnya diolah oleh sistem. "Misal anda punya saldo Rp 100, anda ambil Rp 10, berarti nanti pukul 1 setelah selesai proses saldo kamu tinggal Rp 90," ujar Rohan saat ditemui usai jumpa pers di Plaza Mandiri (20/7).

Kemudian Rohan melanjutkan pembicaraanya, sebelum melakukan pencatatan, bank akan melakukan back up untuk berjaga-jaga terhadap sesuatu yang tidak diinginkan. "Itu selalu. Wajib prosedurnya," imbuh Rohan. Namun saat proses itu berlangsung, terjadi corrupt terhadap memori data. Menyebabkan sebanyak 10% data atau 1,5 juta nasabah mengalami perubahan saldo, baik berkurang maupun bertambah.

"Solusinya sebenarnya simpel. Yakni mengembalikan saldo yang telah di-back up itu kepada sistemnya," ujar Rohan. Tetapi hal itu tidak dilakukan karena pihak Bank Mandiri akan memeriksa satu persatu data yang bermasalah. "Jadi kita membutuhkan waktu sampai dua jam untuk meng-upload kembali jumlah saldo yang sebenarnya," papar Rohan.

Pihak Bank Mandiri pun meminta maaf atas gangguan yang terjadi. Untuk ini, nasabah belum bisa melakukan transaksi debit. Untuk keadaan darurat, Rohan mengimbau nasabah untuk mendatangi kantor cabang terdekat hingga pukul 16.00 WIB.

Begitulah kronologi yang terjadi untuk masalah saldo nasabah Bank Mandiri, untuk sementara waktu mungkin belum bisa digunakan untuk melakukan transaksi.

Sumber, https://m.kontan.co.id/

Hai, Nama saya Deva Setiawan. Pemuda yang hanya ingin Membagikan sesuatu yang Bermanfaat 🥰

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
EmoticonEmoticon