Thursday, July 18, 2019

4 Bos Startup Indonesia Sukses dan Terkaya, Kisah Mereka!

Chanpit.id - Daftar Bos Startup Tersukses dan Terkaya se Indonesia, Saat ini bisnis teknologi atau starup sangat berkembang pesat di seluruh dunia tidak terkecuali di indonesia. Bahkan kurang dari kurun waktu 10 tahun GO-JEK sudah mencapai predikat "Decacorn" pertama di asia tenggara, hal ini merupakan prestasi yang membanggakan untuk indonesia.

4 Bos Startup Indonesia Sukses dan Terkaya, Kisah Mereka!

Bukan hanya GO-JEK yang sukses membangun bisnis starup di indonesia. Berikut 4 bos startup sukses di indonesia yang harus kamu ketahui!

1. Nadiem Makarim (GO-JEK)
Berawal dari melihat permasalahan tukang ojek yang menunggu penumpang membuat waktunya tidak produktif, saat di pangkalan pun pengemudi ojek harus bergiliran dengan ojek lainnya. Selain itu pengguna ojek juga malas berjalan ke pangkalan ojek apa lagi di kota-kota besar. Sehingga Nadiem Makarim mencetuskan ide untuk melakukan inovasi bagaimana menghubungkan pengemudi ojek dengan calon penumpangnya. Salah satunya adalah menggunakan smartphone dan internet.

4 Bos Startup Indonesia Sukses dan Terkaya, Kisah Mereka!
Nadiem Makarin (GO-JEK)
Nadiem meluncurkan aplikasi GO-JEK pada awal tahun 2015 dengan sistem sederhana yaitu calon penumpang menghubungi melalui telpon atau kirim sms, tidak sampai di situ saja Nadiem terus meng upgrade aplikasinya dan terus menambahkan fitur-fitur menarik lainnya.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn

Sehingga saat ini Nadiem telah membuktikan prestasi yang luar biasa, jumlah driver yang bergabung di GO-JEK sudah menembus angka 1 juta orang, sungguh merupakan angka luar biasa yang di dapat di tahun 2018. Hal ini membuat GO-JEK mendapat penghasilan yang sangat fantastis dan Nadiem Makariem menjadi salah satu bos startup sukses di indonesia.

2. Ferry Unardi (Traveloka)
Feri Unardi salah satu seorang mahasiswa di Harvard University yang tertarik untuk mengembangkan startup di bidang reservasi tiket. Berawal dari sulitnya Ferry saat memesan tiket tujuan Amerika - indonesia kemudian Ferry menemukan solusi untuk memecahkan masalahnya itu, Ferry mengembangkan sebuah aplikasi startup yang praktis dan fleksibel.

4 Bos Startup Indonesia Sukses dan Terkaya, Kisah Mereka!
Ferry Unardi (Traveloka)
Saat Ferry berusia 23 tahun, dia memutuskan untuk keluar dari zona nyaman, Ferry segera memulainya karena saat itu banyak investor yang masuk ke industri startup reservasi tiket, Ferry takut jika tidak segera dia akan ketinggalan.

Konsep dari traveloka pada tahun 2012 adalah situs pencari dan pebanding harga tiket pesawat. namun, Ferry nelihat orang-orang tidak hanya ingin mencari tiket yang murah, tetapi juga langsung memesan tiket. Kemudiam di tahun 2013 Traveloka berubah jadi situs reservasi tiket pesawat.

Ferry terus mengembangkan dan berusaha untuk membesarkan nama traveloka, semangat pantang menyerahnya pun menjadikan Traveloka kini menjadi startup Unicorn yang paling berpengaruh. hal ini membuat traveloka memperoleh pendanaan sebesar US$500 juta, traveloka mendapat gelar “Unicorn” yang tercepat diperolehnya selepas sekitar 5 tahun berdiri.

3. William Tanuwijaya (Tokopedia)
Membangun sebuah bisnis dari 0 (nol) bukan lah hal yang mudah. Namun jika kita memiliki semangat dan pantang menyerah kelak usaha tersebut akan membuahkan hasil yang maksimal. Berasal dari keluarga yang berlatar belakang sederhana, William Tanuwijaya tidak pernah menyerah karena banyak rintangan berat yang harus william lewati sehingga bisa membesarkan nama Tokopedia.

William Tanuwijaya (Tokopedia)
William Tanuwijaya (Tokopedia)
Saat william duduk di bangku kuliah. dia harus bekerja menjadi penjaga warnet agar bisa melanjutkan study-nya, hal itu di karnakan ayah william jatuh sakit. Setelah lulus kuliah william memilih untuk bekerja menjadi pegawai di perusahaan konten provider di indonesia. Melihat begitu pesatnya dunia digital munculah ide untuk membuat sebuah E-Commerce.

Selama dua tahun berdiri Tokopedia tidak mendapatkan investor sama sekali. Akhirnya pada tahun 2009 Tokopedia mendapatkan suntikan dana dari perusahaan william bekerja. Bermodalkan kegigihan dan harapan william terus menawarkan kerjasama dengan berbagai bank dan perusahaan logistik. Sehingga pada tahun 2010 Tokopedia menjadi satu-satunya perusahaan pertama di asia tenggara mendapatkan investasi sejumlah $100 juta dari Softbank dan Sequoia Capital.

4.Achmad Zaky (Bukalapak)
Achmad Zaky merupakan pemuda asal Seragen, Jawa Tengah, pendiri Bukalapak. Achamd Zaky percaya dan berharap setelah lulus dari bangku perkuliahan dia harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi bangsa indonesia. Achmad Zaky mengajak beberpa temannya sama dalam membangun Bukalapak.

Achmad Zaky (Bukalapak)
Achmad Zaky (Bukalapak)
Jalan yang di tempuh tidak lah mudah seperti yang dia duga, tidak ada satupun teman yang mau di ajak untuk bekerjasama membangun Bukalapak. Tidak patah semangat Achmad meneruskan perjuangannya dan akhirnya achmad bertemu dengan teman semasa SMA-nya. Saat pertamakali launching Bukalapak tidak ada satu pun orang yang hadir, sempat achmad berfikir untuk menghakhiri semua yang dia impikan.

Namun Achmad Zaky tetap bertekad dan membuatnya menjadi sales untuk menjajakan Bukalapak ke toko dan mall-mall besar. kegagalan selalu menerpa achmad, Berpindah dari offline achmad mencoba metode online dengan cara memasarkan produknya melalui message facebook, setiap hari achmad mengirim message tersebut ke 500 orang.

Berkat kerja keras Achmad Zaky pada akhirnya melalui online bisa sukses memasarkan Bukalapak di indonesia. Kini Bukalapak maeraup penghasilan sebesar 20 miliar rupiah tiap bulannya, dan menjadikan Bukalapak sebagai startup paling berpengaruh di indonesia.

Itu tadi 4 bos startup sukses di indonesia. semoga kalian dapat terinspirasi dari beberapa kisah di atas. karena, dari hal yang sederhana akan bisa jadi suatu yang luar biasa asalkan kita tetap percaya, berusaha,dan pantang menyerah.

Hai, Nama saya Deva Setiawan. Pemuda yang hanya ingin Membagikan sesuatu yang Bermanfaat ūü•į

1 komentar so far

4 Bos Startup Indonesia Sukses dan Terkaya, Kisah Mereka!

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
EmoticonEmoticon