Penginapan Terbaik Tahun 2018 di Nusa Penida, Semaya One Hotel And Beach Club

Liburan di Nusa Penida tidak akan terasa lengkap rasanya bila anda tidak dapat bermalam disini. Jika anda berlibur disini jangan lewatkan untuk bermalam disini. Mengeksplore keindahan alam Nusa Penida ini tidak hanya bisa anda nikmati dalam waktu satu hari. Oleh karena itu paket 2 hari 1 malam adalah pilihan yang tepat. Nusa Penida sudah sangat berkembang, dilihat dari akomodasi yang sudah menjamur di kawasan ini.




Jika anda berlibur di Nusa Penida ada beberapa penginapan yang bisa menjadi referensi untuk anda ketika berlibur di Nusa Penida. Adapun beberapa penginapan yang bisa menjadi pilihan anda saat berlibur di Nusa Penida yaitu sebagai berikut :

Semaya One Hotel And Beach Club

             Awal bedirinya Hotel Berawal dari Fast Cruse yang memiliki penumpang Lokal yang berdiri pada tanggal 15 Agustus 2012, dan membuka Hotel Nusa Penida Beach dan Wahana Water Sport pada tanggal 02 Desember 2015 untuk tamu Domestik dan Internasional .
Di Hotel mempunyai 14 Kamar Aktif Superior , 2 Restourant, Swimming Pooh langsung menghadap ke Pantai, Bar, 4 Chang Room yang digunakan oleh tamu Water Sport (The Cruise), dan bebrapa loker.
Di water Sport ada permainan seperti : Dounat, Banana, Jet sky, See Walker, dan Diving.
A.        Fasilitas Kamar :
TV
  • Safety Box
  • Mineral Water,
  • Hot Or Cool Shower
  • AC
  • Free WI-FI 

 B.        Superior Room
  • Dulexe Room
  • Suite Room
  • Family Suite Room

C.        Status Kamar
  • VCU   Vacant Clean Unced
  • VC      Vacant Clean
  • EA       Exvanted Arrivall
  • ED       Exvanted Devanture
  • OD      O Couped Dirty
  • OC      O Couped Clean
  • C/O     Cheack Out
  • C/I       Cheack In
  • SO       Sleep Out
  • DND   Don’t Distrub
  • MOD   Manager On Duty
  • OOO   Out Of Order

D.        Jenis – Jenis Kunci

Electrik Key : Kunci yang berbentuk Kartu, Contoh :

1. Key Station            : Kunci yang digunakan oleh room Boy / Room untuk  membuka pintu yang hanya bias membuka 10 Kamar sesuai dengan Station masuk.
2. Floor Key    : Kunci yang digunakan oleh Superior Room yang hanya Bisa dibuka 1 Lantai.
3. Master Key                         : Kunci yang digunakan oleh Departemet House keeping yang bisa membuka semua Kamar yang ada di hotel

4. Emargeney Key      : Kunci yang digunakan pada saat keadaan darurat.   Kunci ini bisa membuka pintu walaupun pintu sudah di double look di dalam kamar.

3.2       Bidang Tugas yang Dilaksanakan selama Pelaksanaan Praktik Industri

3.2.1    Kegiatan Room Attandent
            Room attandent adalah : Orang yang bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan menciptakan menjaga kebersihan, merawat fasilitas, menata, merapihkan perlengkapan dalam guest room serta memberikan pelayanan terhadap kebutuhan tamu menginap sesuai dengan standar operasional dan prosedur perusahaan.

Tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:
           Datang 15 menit sebelum bertugas, memakai uniform lengkap dan merapikan diri, dan langsung absen menggunakan sidik jari.
Menghadiri briefing housekeeping dan melakukan serah terima pekerjaan seperti :
           menerima lembaran penugasan (room assignment).
           menerima dan membaca buku harian roomboy report
           serah terima kunci kamar
           Menerima arahan dan bimbingan dari atasan terhadap cara kerja yang sistematis efektif dan efisien.
           Menerima dan melaksanakan tugas terhadap pekerjaan yang harus dikerjakan dari atasan.
           Melakukan preparing dengan baik seperti :
           membersihkan trolly dan menata peralatan kerja dan menata perlengkapan guest room, linen room dan guest supliess untuk kelancaran kerja.
           Memeriksa seluruh kamar yang menjadi tanggung jawab dan menuliskan status kamar pada room assignment sheet.
           Memeriksa dengan teliti atas kamar kamar yang akan digunakan hari ini berdasarkan expected arrival list dari FO.
           Melaporkan kerusakan yang terjadi dalam guest room pada atasan atau departemen terkait untuk langsung diperbaiki (jika ada).
           Melaporkan lost and found / barang tamu yang tertinggal pada atasan (jika ada) sesuai dengan standar operasional dan prosedur perusahaan.
           Membersihkan guest room dan memberikan pelayanan atas segala kebutuhan tamu yang menginap  sesuai dengan standar operasional dan prosedur perusahaan.
           Melaksanakan dan menjalankan prosedur keselamatan,keamanan,hygenis dan sanitasi untuk kepentingan tempat kerja,diri sendiri,rekan kerja dan tamu.
Mendokumentasikan kegiatan dan hasil pekerjaan hari ini, seperti :
           mengisi atau mencatat pada room assigment sheet tentang laporan status kamar dan
           pemakaian serta penggantian linen dan perlangkapan di kamar.
           Merapikan trolley dan membersihkan pantry jika kegiatan pembersihan kamar sudah selesai.
Menyerahkan kembali room assigment sheet kepada atasan.
3.2.2    Alat-Alat Yang Digunakan:
           Floor broom
           Mop
           Dushpen
           Cady
           Toilet bowl brush
           Sponge
           Ped
           Hand brush
           Bottle sprayer
           Squis

3.2.3    Chemical yang digunakan:   
           Go Getter               : untuk membersihkan toilet bowl
           Forward                 : untuk membersihkan washtafel
           Shine Up                : untuk membersihkan permkaan mebel dari kotoran
           Glass Cleaner         : untuk membersihkan permukaan kaca
           Air freshener          : untuk pengharum ruangan
           Floor Cleaner         : untuk membersihkan lantai

3.2.4    Supplies yang digunakan:
Linen supplies
1.         Double sheet (seprei untuk double bed)
2.         Single sheet (seprei untuk single bed)
3.         Pillow case (sarung bantal)
4.         Bath towel (handuk mandi)
5.         Hand towel  (handuk tangan)
6.         Face towel (handuk muka)
7.         Bath mat
Bathroom supplies
1.         Shampoo and conditioner
2.         Bath gel
3.         Tooth brush kit
4.         Shower cap
5.         Sewing kit
6.         Cotton buds
7.         Bath soap
8.         Tissue roll
9.         Tissue box
10.       Sanitary bag
Printing supplies and stationary kit:
1.         Pencil
2.         Memo pad
3.         Guest comment
4.         Don’t disturb sign
5.         Minibar list
6.         Laundry list
7.         Laundry bag
8.         Slipper
9.         Room service menu
10.       Hotel Directory
Room supplies:
1.         Ashtray
2.         Gelas minum
3.         Water jug

3.2.5    Menata trolley dan perlengkapan
            Room attendant trolley biasanya disimpan di pantry, yaitu ruangan yang luasnya seukuran kamar untuk menyimpan semua kebutuhan untuk satu lantai. Dalam satu lantai terdapat beberapa trolley, dimana jumlah trolley disesuaikan dengan jumlah kamar. Sebagian besar trolley memiliki tiga rak. Masing-masing rak mempunyai fungsi khusus. Dua rak paling bawah untuk menempatkan linen dan rak paling atas untuk meletakkan aminities kamar. Penempatan sheet sebaiknya ditata menurut jenisnya seperti single sheet, double sheet, pillow case, dll.
Hal yang perlu diperhatikan room attendant ketika menggunakan trolley adalah sebagai berikut:
           Trolley ditempatkan dekat dengan dinding dan tidak menghalangi koridor
           Trolley didorong bukan ditarik
           Trolley harus selalu dalam keadaan bersih dan rapi sehigga enak dipandang mata
           Usahakan untuk tetap menempatkan trolley dekat dengan area kerja
           Jagalah barang-barang pada trolley tetap tertata rapi pada tempatnya
           Jangan pernah mengisi trolley melebihi kapasitas. Room attendant harus tetap dapat melihat arah ke depan
           Lengkapi trolley dengan persediaan yang cukup agar pekerjaan menjadi efisisen

3.2.6    Prioritas pembersihan kamar

Kamar-kamar yang telah meminta untuk dibersihakan terlebih dahulu, biasanya dipasang tanda ”please make up my room”
           Kamar-kamar yang berangkat pagi ( early check out )
           Kamar-kamar check out yang lain
           Kamar-kamar occupied
           Kamar-kamar yang meminta dibersihakan pada waktu waktu terakhir (siang hari )

3.2.7    Membersihkan dan merapikan kamar
Mengetuk pintu kamar / knocking the door
Sebelum memasuki kamar tamu, ketuk pintu menggunakan jari tengah. Setelah mengetuk pintu, ucapkan identitas departemen seperti ”Room boy”, ”Room maid”, atau ”housekeeping”. Kemudian tunggu 5 sampai 10 menit, jika belum ada jawaban ulangi mengetuk pintu, setelah tiga kali tidak mendapat jawaban, buka pintu pelan-pelan sambil mengucapkan ”Housekeeping, may i come in, please?”
Memasuki kamar tamu / entering the guestroom
Apabila tamu ada di dalam kamar ucapkan “I am sorry to disturb you, May I clean your room”. Dari jawaban tamu, anda akan mengetahui apakah harus kembali lagi pada waktu yang ditentukan oleh tamu atau boleh masuk dan membersihkan pada waktu itu juga.
Apabila tamu masih tertidur, tinggalkan kamar dengan menutup pintu kembali perlahan-lahan.
Apabila anda mendengar suara yang menunjukkan tamu sedang di kamar mandi, tinggalkan kamar dengan menutup pintu pelan-pelan. Jika tamu mendengar anda masuk sementara ia masih di kamar mandi, minta maaflah dan katakan anda akan kembali lagi nanti.
Apabila tamu kebetulan tidak berada di dalam kamar, lanjutkan dengan pembersihan kamar sesuai standar.
Apabila kamar tamu masih dalam tanda ”Do Not Disturb” hingga siang hari, maka laporkan kepada supervisor
Laporkan juga kepada supervisor mengenai kamar-kamar yang dikunci ganda dan tidak merespon panggilan anda.
Pekerjaan awal / beginning tasks :
           Nyalakan semua lampu yang ada
           Buka tirai kamar dan perikasa keadannya
           Periksa pengatur pendingin ruangan (AC)
           Periksa kondisi kamar dan peralatan electronik secara keseluruhan
           Angkat semua linen kotor kamar mandi dan tampung di kantong linen kotor pada trolley
           Angkat asbak dan gelas kotor. Buang abu rokok di tempat sampah  dan bawa asbak dan gelas kotor tersebut ke kamar mandi, rendam di wash basin menggunkan air hangat. Kemudian ambil semua sampah, tampung sampah tersebut di kantong sampah pada trolley. Keluarkan tray, gelas, botol dan peralatan room service tempatkan di pinggir koridor. Telepon seksi room service untuk mengambilnya
           Pada kamar occupied, rapikan majalah, koran-koran, kertas-kertas lainnya. Jangan pernah membuang kertas atau barang yang anda anggap tidak penting di dalam kamar occupied kecuali barang tersebut sudah berada di tempat sampah.
           Jika membersihkan kamar check out, periksa laci meja untuk memastikan tidak terdapat barang-barang tamu yang tertinggal
Menata tempat tidur / make up bed
Untuk kamar occupied, pembersihan utama dimulai dari penataan tempat tidur, karena penampilan tempat tidur akan mempengaruhi penilaian tamu terhadap keseluruhan kamar. Meskipun kamar mandi dan tempat lain belum dikerjakan, namun apabila tempat tidur sudah di-make up, kesan bersih dan rapi dapat diciptakan. Disarankan untuk stripping bed (melepas linen-linen tempat tidur) segera setelah memasuki kamar tamu. Sebelum striping bed pindahkan barang-barang milik tamu yang mungkin diletakkan di atas tempat tidur, letakkan di tempat yang mudah dilihat seperti di bed side table agar setelah selesai make up barang tersebut dapat dikembalikan pada posisi semula di atas tempat tidur.
Make up bed dengan 3 sheet
           Tarik bed kurang lebih 30 cm untuk memberikan space bekerja.
           Lepaskan sheet kotor dari bed, pastikan bed pad terpasang dengan rapi.
           Dengan posisi membelakangi headboard, tebarkan bottom sheet secara merata dengan posisi garis setrikaan sheet di tengah-tengah. Tarik sheet sampai ke bagian bawah mattress, kurang lebih 5 cm dari lantai. Masukkan seprai ke dalam bed, bentuk lipatan segitiga pada bagian kanan dan kiri tempat tidur.
           Tebarkan sheet kedua, tarik sheet sampai ujung sheet sejajar dengan bagian pinggir depan tempat tidur.
           Tebarkan selimut sambil menariknya sampai ke bagian atas tempat tidur sisakan space kurang lebih 30 cm.
           Tebarkan sheet ketiga, tarik hingga sejajar dengan sheet kedua.
           Lipat sisa antara ujung sheet kedua dan ketiga ke arah ujung selimut dua kali dan rapikan.
           Masukkan ujung kanan dan kiri, melangkah ke bagian kaki tempt tidur, tarik sheet satu per satu mulai dari sheet kedua, selimut dan sheet ketiga. Tarik hingga tidak terdapat lipatan. Masukkan ujung sheet ke dalam bed. Bentuk lipatan segitiga pada bagian kanan dengan lipatan berada disamping lanjutkan membuat lipatan segitiga di sebelah kiri.
           Masukkan pillow ke dalam pillow case, tempatkan di bagian atas tempat tidur dan pasang bed runner.
           Terakhir dorong kembali bed ke headboard
Make Up Bed Dengan Duvet
Pada setiap pojok inner maupun cover duvet terdapat tali atau perekat. Pasang duvet dengan posisi dibalik atau jahitan berada di luar. Hubungkan tali-tali tersebut satu persatu menurut ujungnya.
Baliklah inner inner dan cover sehingga posisi normal inner berada di dalam cover. Rekatkan perekat lubang bawah, lalu tebarkan sehingga posisi inner di dalam mengisi secara rata di dalam covernya.
Pemasangan pada tempat tidur/mattres lebih baik dimulai dari kaki bed sehingga patokan tinggi rendah yang menutupi mattress. Lalu lipat bagian atas/ kepala mattress keluar ke arah kaki bed sekitar 10 cm, kemudian diatasnya diletakkan pillow
Membersihkan bathroom
Mulailah pembersihan dari objek teratas menuju objek terendah untuk menghindaripengotoran objek yang dibersihkan. Sebaiknya caddy dibawa masuk ke bathroom agar tidak kembali keluar untuk mengambil peralatan.
Cuci gelas, sendok cangkir yang ada di kamr di wash basin kemudian keringkan. Periksa jika ada yan rusak.
 Bersihkan kotoran kotoran pada wash basin menggunakan forward, gosok menggunakan ped kemudian keringkan menggunakan OO towel atau rug.
Bersihkan dan kilapkan cermin wash basin menggunakan glass cleaner. Semprotkan glass cleaner ratakan menggunakan sponge kemudian seka dengan glass squeeze.
Membersihkan Bathtub, tuangkan bahan pembersih pada bathub termasuk tempat sabun gosok menggunaka ped, bilas dan keringkan. Basahi shower kemudian lap. Pastikan posisi shower terpasang sesuai standar. Bersihkan kotoran yang terdapat di saluran air/drain. Bersihkan dinding kamar mandidan kilapkan fitting yang terbuat dari crome termasuk shower curtain rail. Posisikan tirai kamar mandi.
Membersihakn toilet bowl, tekan flusher untuk menyemburkan air pada toilet buka tutup toilet kemuadian tuangkan go getter diamkan beberapa menit hingga bereaksi, gosok menggunakan toilet bowl brush kemudian tekan flusher untuk membilas toilet. Lap bagian luar dan bawah toilet, tempat duduk dan tutup toilet. Tutup kembali toilet. Kemudian keringkan lantai bathroom.
Mengganti linen dan amenities bathroom.
Periksa kebersihan dan kondisi semua linen di kamar mandi. Jika terdapat noda atau kerusakan ganti dengan yang baru. Ambil bathroom linen dari trolley
kemudia lipat sesuai dengan standar hotel.
Lipat toilet paper dan facial tissue sesuai standar hotel. Lengkapi aminities kamar mandi sesuai standar hotel.

3.2.8    Dusting

1.         Damp dusting :
            Damp dusting adalah mengelap menggunakan lap yang lembab, dengan tehnik searah jarum jam dan dari atas ke bawah. Dimulai dari belakang pintu, wardrobe, coffee table dan seterusnya.

2.         Dry dusting :
            Dry dusting adalah mengelap menggunakan lap kering, dengan tehnik dari atas ke bawah. Digunakan untuk mendusting permukaan kaca.
Pada saat dusting, langsung merapikan room facilities dan melengkapi room facilities yg kurang.

3.         Sweeping
Sapu dari pojok terjauh dengan pintu masuk, terutama di belakang korden, bawah sofa, kursi, bed side table dan luggage rak.

4.         Moping
Moping dilakukan dari pojok terjauh dan dilakukan dengan tehnih menarik kotoran yg tersisa seperti debu dan serpihan-serpihan.

5.         Final check
Chek semua kelengkapan kamar, dan jangan sampai meninggalkan alat-alat di kamar. Jika dirasa sudah lengkap tutup pintu dan isi inventori sesuai dengan nomer kamar dan semua yg diganti.

Belum ada Komentar untuk "Penginapan Terbaik Tahun 2018 di Nusa Penida, Semaya One Hotel And Beach Club"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel